Selamat Datang Di Website Resmi Desa Keraskulon. Terus Kunjungi Untuk Mendapatkan Informasi Seputar Pemerintahan Desa Keraskulon

Artikel

Musyawarah Desa Penyusunan RKP-Des Tahun 2023

25 Agustus 2022 09:29:51  ARIES DWI LAKSONO  36 Kali Dibaca  Berita Desa

Keraskulon.desa.id – Rabu (24/8/2022) Badan Permusyawatan Desa (BPD) Keraskulon, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi bersama Pemerintah Desa menyelenggarakan musyawarah desa penyusunan rencana kerja pemerintah desa (RKP-Des) tahun 2023. Musyawarah yang diselenggarakan di Pendopo Kantor Desa Keraskulon dipimpin oleh Ketua BPD.

Musyawarah dihadiri Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, LPMD, Bhabinkamtibmas, Ketua RW, Kepala Sekolah TK Dharma Wanita dan Bidan Desa. Turut hadir selaku narasumber Pendamping Desa, Kasi Pemerintahan Kecamatan Gerih dan Kasi PMD Kecamatan Gerih.

Acara diawali dengan arahan dari Kasi PMD Kecamatan Gerih, Suwardi, S.Sos. Dalam sambutannya Suwardi menyampaikan bahwa musyawarah desa merupakan agenda rutin desa setiap tahun. Akan tetapi untuk tahun ini sedikit berbeda karena diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD)menyesuaikan petunjuk peraturan.

“Musyawarah desa merupakan agenda rutin desa setiap tahun, tetapi tahun ini berbeda karena diselenggarakan oleh BPD. Ini sesuai tugas BPD dan petunjuk peraturan,” jelas Suwardi. 

Berikutnya Chozinul Anwar selaku Pendamping Desa menyampaikan prioritas penggunaan Dana Desa (DD) meskipun secara petunjuk resmi belum ditetapkan dalam Peraturan Menteri.

“Untuk prioritas DD sementara ini masih belum ditetapkan melalui peraturan menteri, tetapi sudah dibahas dalam beberapa seminar maupun worksop. Diantara prioritas penggunaan DD adalah penanganan stunting, penurunan angka kemiskinan ekstrim melalui bantuan langsung tunai maupun bantuan rumah tidak layak huni, ketahanan pangan baik nabati maupun hewani, penguatan BUMDes,” jelas Chozinul Anwar.

Acara dilanjutkan sambutan Kepala Desa. Dalam sambutannya, Syamsul Hadi selaku Kepala Desa mengucapkan terima kasih atas kehadiran peserta musyawarh dan mengharapkan peserta mengikuti musyawarah dengan baik agar visi misi pembangunan desa dapat tercapai.

“Terima kasih kepada peserta musyawarah yang sudah hadir pada malam ini. Musyawarah desa merupakan agenda yang sangat penting dalam menentukan arah penggunaan anggaran desa dan peningkatan pembangunan desa sehingga visi dan misi pembangunan desa yang kita cintai ini dapat tercapai,” terang Syamsul Hadi.

Berikutnya acara inti yaitu musyawarah yang dipandu oleh Saefudin selaku Ketua BPD Keraskulon. Agenda pembahasan musyawarah meliputi pencermatan dokumen RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa), review RKP-Des tahun sebelumnya, pembentukan tim penyusun RKP-Des, pembentukan tim verifikasi, dan penetapan harga sewa tanah kas desa. 

Musyawarah berjalan lancar dengan beberapa usulan dimunculkan oleh peserta musyawarah. Baik usulan berupa pembangunan fisik maupun kegiatan-kegiatan di masyarakat. Musyawarah desa diakhiri dengan penandatanganan berita acara hasil musyawarah.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jln. Raya Keras - Kendal Km. 01 Desa Keraskulon Kecamatan Gerih
Desa : Keraskulon
Kecamatan : Gerih
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63272
Telepon :
Email :