Selamat Datang Di Website Resmi Desa Keraskulon. Terus Kunjungi Untuk Mendapatkan Informasi Seputar Pemerintahan Desa Keraskulon

Artikel

Transparansi Perubahan APBDes Tahun 2021

03 Desember 2021 18:19:37  ARIES DWI LAKSONO  296 Kali Dibaca  Berita Desa

Dalam rangka penyesuaian perubahan kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi khususnya terkait kebijakan anggaran keuangan, maka perlu adanya perubahan pada anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun 2021. Selain karena kebijakan pemerintah daerah, perubahan APBDes juga dilakukan karena adanya perubahan pada pos pendapatan dan belanja desa.

 

Untuk perubahan APBDes tahun 2021, Pemerintah Desa Keraskulon Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi menyikapinya dengan menyelenggarakan musyawarah dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan kelembagaan desa lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar kebijakan dan keputusan yang diambil sesuai hasil musyawarah desa.

 

Perubahan anggaran ini juga diakibatkan penambahan anggaran pendapatan yang diterima oleh pemerintah desa, baik pendapatan asli desa maupun pendapatan transfer. Dari pendapatan asli desa terdapat penambahan anggaran yaitu dari sewa tanah kas desa yang dulu dipergunakan sebagai lapangan olah raga. Sedangkan dari pendapatan transfer, terdapat beberapa penambahan yaitu penambahan alokasi dana desa (ADD), bantuan keuangan (BK) untuk sarana prasarana, bantuan keuangan (BK) untuk insentif RT dan RW, bagi hasil pajak dan retribusi daerah (BHP-BHR).

 

Dari perubahan pendapatan tersebut mengakibatkan perubahan pada belanja desa. Dalam perubahannya, belanja tersebut terbagi menjadi 5 bidang yaitu bidang pemerintahan desa, bidang pembangunan desa, bidang pembinaan kemasyarakatan desa, bidang pemberdayaan masyarakat desa dan bidang penanggulangan bencana, keadaan darurat dan mendesak.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. Raya Keras - Kendal Km. 01 Desa Keraskulon Kecamatan Gerih
Desa : Keraskulon
Kecamatan : Gerih
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63272
Telepon :
Email :