Selamat Datang Di Website Resmi Desa Keraskulon. Terus Kunjungi Untuk Mendapatkan Informasi Seputar Pemerintahan Desa Keraskulon

Artikel

Pandemi Mereda, Pemda Ngawi Hidupkan Kembali Pasar Djadoel Tawun

10 Juni 2022 10:37:57  ARIES DWI LAKSONO  254 Kali Dibaca  Berita Ngawi

Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) kembali mengagendakan Pasar Djadoel setelah sekian lama vakum karena adanya pandemi Covid-19. Rencananya, Pasar Djadoel akan dilaksanakan pada Minggu 19 Juni 2022 di Taman Wisata Tawun Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi.

 

Untuk pelaksanaannya, konsep Pasar Djadoel masih seperti sebelumnya dengan menghadirkan kuliner maupun produk lainnya dengan dukungan seni tradisional lokal maupun luar daerah. Konsep tersebut juga dimaksudkan untuk menjaga tradisi sekaligus memperkenalkan budaya-budaya peninggalan leluhur kepada generasi saat ini.

 

"Konsep Pasar Djadoel masih seperti dulu, hanya saja penjualnya bertambah. Hingga saat ini pendaftar sudah lebih dari 100 orang untuk izin berjualan. Dan kemungkinan bisa bertambah lagi, dan kita sudah menyiapkan lokasi tambahan," terang Seno pengurus Taman Wisata Tawun.

 

Selanjutnya, pria yang juga mengelola Museum Trinil dan Alun Alun Ngawi tersebut menyampaikan bila pada pelaksanaan Pasar Djadoel tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Ada berapa poin yang menjadi fokus dalam pelaksanaan protokol kesehatan diantaranya menghindari kerumunan berlebih.

 

"Awal pelaksanaan nanti tidak ada penukaran uang seperti pelaksanaan sebelumnya. Hanya saja masyarakat kita himbau untuk menyiapkan uang pecahan 10.000, 5.000, 2.000 dan 1.000 dalam bertransaksi. Dan untuk penukaran dengan pecahan 50 ribu atau 100 ribu kita sudah siapkan," lanjut Seno.

 

Lebih lanjut, Seno menyampaikan bila Pasar Djadoel juga akan menggandeng musisi jalanan untuk menghibur pengunjung. Untuk musisi jalanan yang dihadirkan juga menggunakan alat musik tradisional dan sudah ada sejak zaman dulu.

 

"Kita juga memberi tempat untuk seniman jalanan, utamanya yang mengusung alat musik tradisional. Dan nanti kita akan menghadirkan seniman musik angklung," imbuh Seno

 

Merujuk pada data terakhir pelaksanaan Pasar Djadoel, pengunjung mencapai angka 10.000-an orang. Dari jumlah tersebut, diperkirakan transaksi yang terjadi pada perhelatan Pasar Jadoel berada di kisaran ratusan juta.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. Raya Keras - Kendal Km. 01 Desa Keraskulon Kecamatan Gerih
Desa : Keraskulon
Kecamatan : Gerih
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63272
Telepon :
Email :