Selamat Datang Di Website Resmi Desa Keraskulon. Terus Kunjungi Untuk Mendapatkan Informasi Seputar Pemerintahan Desa Keraskulon

Artikel

Fasilitasi Pendalaman Aplikasi Srigati Bagi Operator Se-Kecamatan Sine

26 Juli 2022 18:31:59  ARIES DWI LAKSONO  231 Kali Dibaca  Berita Ngawi

Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bekerja sama Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Ngawi dan Kecamatan Sine mengadakan pelatihan pengelolaan Aplikasi Sistem Informasi Desa Terintegrasi (Srigati) di Aula Kantor Kecamatan Sine, Selasa (26/7/22). 

 

Pada pelaksanaannya, pelatihan diikuti 15 desa di wilayah Kecamatan Sine dipandu narasumber dari Forum Operator Website Desa (Forwebsa). Pada masing-masing desa mengirimkan 2 (dua) orang operator, yang satu bertugas sebagai administrator website sedangkan yang satu bertugas sebagai operator pelayanan desa.

 

Selain operator Srigati dan personel Forwebsa, hadir pula Camat Sine yang kali ini diwakili oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Sine Enni Qurnianingsih.

 

Materi yang disampaikan pada pelatihan kali ini adalah terfokus pada pengoperasian aplikasi Srigati. Pengoperasian aplikasi Srigati sendiri meliputi berbagai tahap mulai dari penyesuaian identitas desa penginputan data hingga pelayanan mandiri.

 

"Sebelum kita bisa menggunakan aplikasi Srigati, data-data yang tampil di dashboard harus diubah menyesuaikan dengan desa. Kemudian kita melakukan penginputan data dan baru masuk ke pengaturan lain seperti pengaturan untuk penyesuaian layanan digital," terang Arys Purwadi narasumber dari Forwebsa.

 

Lebih lanjut, narasumber menyampaikan bila Srigati merupakan teknologi yang mampu menjadi solusi dari berbagai persoalan yang ada di desa. Solusi dimaksud adalah sebagai aplikasi yang mampu menyederhanakan sistem-sistem yang ada di desa saat ini.

 

"Srigati merupakan teknologi digital yang mencakup seluruh kebutuhan aplikasi di desa. Fungsinya tidak hanya sebatas sebagai penyimpan data, namun juga bisa dipakai sebagai penyebar informasi sekaligus layanan kepada masyarakat secara digital," lanjut Arys.

 

Sementara itu dalam kesempatan berikutnya, Arbangi selaku Ketua Forwebsa menyampaikan pentingnya aplikasi Srigati yang mampu mempermudah kinerja bagi desa.

 

"Salah satu tujuan dari pelatihan kali ini adalah memahamkan pentingnya aplikasi Srigati dalam pengelolaan administrasi desa. Keberadaan aplikasi Srigati ini akan membantu mempermudah kinerja desa maupun dalam berbagai bidang. Karena pentingnya Srigati, maka operator harus segera mendapat pelatihan," terang Arbangi Ketua Forwebsa Kabupaten Ngawi.

 

Pelatihan ini merupakan rangkaian tindak lanjut dari fasilitasi pelatihan pendalaman aplikasi Srigati di tiap-tiap kecamatan se-Kabupaten Ngawi.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. Raya Keras - Kendal Km. 01 Desa Keraskulon Kecamatan Gerih
Desa : Keraskulon
Kecamatan : Gerih
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63272
Telepon :
Email :